- TIADA KEBAHAGIAN YANG PALING INDAH, SELAIN KEINDAHAN BERBAGI DAN BERMANFAAT BAGI SESAMA - THE MOST BEAUTIFUL THINGS OF HAPPINESS, EXCEPT BEAUTY OF SHARE AND USEFUL FOR OTHERS, WARM REGARDS : ELJUNI EDIN GIRSANG, FACEBOOK : http://www.facebook.com/eljuni.girsang, MYSPACE : http://www.myspace.com/eljuni.girsang, TWITTER : http://www.twitter.com/ELJUNI_EG, YOUTUBE CANAL : http://www.youtube.com/TheEljuni -

ABOUT ME













Aku lulusan Diploma Tiga (D III) STMIK GUNADARMA (sekarang UNIVERSITAS GUNADARMA) pada tahun 1995.

September 1995, Saya bekerja di sebuah perusahaan elektronik dengan skala cukup besar PT. Glodok Electronic, sesuai dengan pendidikan yang saya dapat saya menempati posisi di bagian komputer, karena jiwa saya yang BEBAS, saya merasa bekerja didalam ruangan tertutup tidak membuat saya menikmati pekerjaan saya, hanya dalam waktu 1 bulan saja saya resign dari perusahaan itu.


Oktober 1995, Saya bekerja di perusahaan CUSTOMER FINANCING, PT PrimaSwadana Perkasa Multifinance (PSP GROUP), Saya memulai pekerjaan ini dari level COLLECTOR selama 3 bulan, kemudian menjadi SURVEYOR ELECTRONIC dan MESIN,  7 bulan kemudian saya dipromosi sebagai Kepala Surveyor di Kanit Bogor dengan wilayah kerja DEPOK - BOGOR - CIANJUR dan SUKABUMI, seiring waktu posisi tertinggi di PSP GROUP sebagai Kakanit Bogor, sampai dengan terjadinya krisis moneter di Indonesia pertengahan tahun 1997 saya resign dengan posisi terakhir sebagai Head Collection pada 22 December 2000.

Sempat wirausaha, mungkin karena capital masih kurang kokoh, akhirnya saya bekerja lagi di :

PT. Wahana Ottomitra Multiartha Finance,Tbk pada 21 April 2001 sebagai surveyor di Cabang Jakarta Gunung Sahari Jakarta Pusat, dengan berbekal pengalaman di PSP GROUP membuat saya dengan mudah beradaptasi dan menonjol di tempat baru ini. Seorang SURVEYOR dituntut wajib mengerti memaintenance account yang telah dibuat, maka seorang SURVEYOR juga sebagai COLLECTOR, dan saya paling senang mengerjakan kedua posisi kerja tersebut, karena hasilnya SALES dan COLLECTIBILITY berjalan seiringan dengan baik. Tidak seperti di PSP GROUP, karir saya di WOM FINANCE kurang begitu bergerak cepat, banyak hal-hal yang teoritis yang kurang saya pahami tentang WOM FINANCE.

Sewaktu saya di PSP GROUP kami di didik untuk bekerja secara team yang utuh, kelalain 1 orang anggota team adalah kelalain bersama team,   contoh sederhana adalah jika ada 1 konsumen yang bermasalah dengan performance collectibilitynya (wanprestasi) dari 1 orang surveyor, kami akan mengerjakannya bersama-sama (team surveyor ada 6-7 orang + team collection), sehingga penyelesaian masalah dan pengklasifikasian jenis-jenis nasabah "nakal" kami mendapat pengalaman yang sama dan dengan bekal ini kami bisa mengurangi resiko-resiko kegagalan kredit pada masa kedepannya. Pernah ada 1 konsumen "nakal" di daerah Jl. Kran, kemayoran jakarta pusat, kami team surveyor dan team collection,  kira-kira 45 orang dgn 45 motor menyambangi konsumen nakal tersebut, luar biasa semuanya bergerak bersama-sama karena konsumen nakal ini menantang kami, lucu sekali konsumen yang berhutang malah menantang, dan akhirnya permasalahan pada malam itu juga selesai dengan tarik-sita objek kreditnya.

Di WOM FINANCE hal-hal seperti diatas tidak/kurang saya temui, kebanyakan kami di WOMF bekerja sendiri-sendiri, sehingga hal ini yang membuat saya disamping survey juga mengCollect juga, karena saya tidak ingin performance collectibility saya tidak terkontrol maksimal, sangat menyita waktu tentunya, dan hal ini lah yang membuat saya secara personal kurang dikenal oleh pejabat-pejabat pada waktu itu, saya lebih menikmati pergaulan kerja dilapangan dengan sesama surveyor, collector dan sales-sales dealer. Keseimbangan ini yang tidak dapat saya lakukan, sehingga komunikasi saya dengan atasan-atasan saya kurang berjalan dengan baik.
Pernah ada satu kejadian yang sampai saat ini masih dalam ingatan saya dan sangat membekas, ada 1 aplikasi kredit konsumen repeat order (RO), dan jika ada pengajuan kredit RO maka harus dimintai persetujuan kreditnya dari  team collection (waktu itu di WOMF pejabat collection cabang disebut ABM Collection [Assistant Branch Manager Collection] saat ini disebut ACM [Assistan Collectioon Manager] atau CM [Collection Manager] ), apa yang terjadi adalah sang ABM minta "JAPREM" alias jatah preman (Inisialnya HP, saat tulisan ini saya buat, HP ini bekerja di SMS Finance), saya menolak memberikan apa yang diminta, dan saya terkejut oleh statement diktator yang diucapkannya, " emang siapa loe ? eehhh Jun, di WOMF ' tidak ada kekuatan tanpa kekuasaan, dan tidak ada kekuasaan tanpa kekuatan'  ngerti loe !!" .. NO POWER BUT STRENGHT, NO STRENGHT BUT POWER, kalimat ini sampai saat ini benar-benar saya nistakan, sebuah statement dari seorang pemimpin diktator yang zholim, waktu saya mengucapkan kata-kata juga ke ABM COLL tersebut, ' Maaf pa, saya memang cuma surveyor, tapi kalo bapak berprinsip seperti itu, bapak tidak akan lama di WOMF sebagai raja/penguasa kecil. Dengan bantuan Pa Supardi (ABM Marketing, sekarang AMM di WOMF cabang Ciputat) yang langsung meminta sign approval dari sang ABM Collection yang zholim, barulah saya bisa memproses pengajuan kredit aplikasi konsumen RO tersebut. (tidak lama, kira-kira 3 bulan sanga ABM Collecion di petisi ke direksi oleh bawahan-bawahannya agar dipecat, karena seringkali minta JAPREM, dan akhirnya beliau dipecat !!!).
Barulah pada saat saya dimutasikan (masih surveyor) ke cabang Rawamangun (maret 2003), karir saya mulai terbuka seiring dengan usaha perubahan komunikasi yang saya lakukan , terlambat memang-- tapi lebih baik daripada tidak sama sekali, sehingga pada bulan september 2003 saya mendapat promosi jabatan menjadi Assistan Head Marketing dan seterusnya sampai akhir karir saya di WOMF sebagai Area Credit Initiation Manager untuk wilayah kerja BALI dan NUSA TENGGARA.
[Pengalaman di ke-2 perusahaan ini akan saya buat dalam halaman terpisah].
Dan Page ini akan terus saya tambah-edit.

Tujuan dari pembuatan web blog ini adalah agar saya bisa memberikan/membagi sedikit informasi tentang BERITA MULTIFINANCE kepada seluruh rekan-rekan, dan beberapa tulisan-tulisan saya mengenai keberhasilan saya yang mungkin bisa rekan-rekan jadikan sebagai sumber informasi tambahan, dan kegagalan saya yang rekan-rekan bisa hindari kelak, agar apa yang saya alami tersebut tidak terjadi kepada rekan-rekan semua.

Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat.

MY EDUCATION :

FORMAL EDUCATION
SD Islam Kebon Pala, Halim PK [1980-1983]
"Masih ada gak yah sekolahku ini, g ada temen kecil yang bisa di inget"
SD Kristen Ruth Bethania-GBI, Cawang  [1984-1985]
"temen kecil yang ku inget, Markus-Carla-Heydi-Hendrik, tapi gak tau ada dimana"

SMPN 179 Kalisari, Jakarta Timur [1985-1988]
* Andri "Babe" Yon Kav 1 - Isak "Bokis" Kopassus - Andi "yellow" kopassus *

SMUN 99 Cibubur, Jakarta Timur [1988-1991]
* Adi Nambru Yon Kav 7 - Ismet Maulana - Iwan Julianto - Julianto Nadeak *

STMIK GUNADARMA - Teknik Komputer, Depok [1992-1995]
Ryan Yanuar - Trust Magazine [MNC Group, Jakarta]
AL Husni - Wiraswasta [Depok]
Beno Satria Utama - Freeport [Papua, Irianjaya]
Giri "LADOS" Santana - Trakindo [Jakarta]
Donor "IPAY" Mukmin - Trakindo [Jakarta]
Yacobus Subansubi - Toshiba [Jakarta]
Sobirin - BAT [Jakarta]
Ario Kinoy - ? [Jakarta]
And Others

NON-FORMAL EDUCATION
SANTA LUSIA ENGLISH DEPARTMENT, Intermediate 6 [1991-1993]

LKPT - GRAMEDIA, Teknik Komputer [1995]

TRAINING 
Media Training Center, Effective Sales Force [2001]
Management Development Program IV - WOM Finance [2006]
Management Development Program IV - APPI/IFSA [2006]




PENGALAMAN KERJA (PSP GROUP)
PT. Glodok Elektronik, September 1995 Sales Support_teknisi

Bertugas untuk melayani pelanggan yang membutuhkan pelayanan dari segi
product knowledge maupun hardware, baik before sales maupun after sales.

PT. Prima Swadana Perkasa Multifinance, PSP Group, Cabang Juanda Jakarta

02 Oktober 1995 - Collector Front End (Collection Division)
Bertugas untuk menagih konsumen/nasabah baik yg
sudah jatuh tempo ataupun sudah delay sampai dengan
60 Hari Kerja.

Januari 1996 - Surveyor Elektronik (Marketing Division)
Bertugas sebagi observer terhadap calon konsumen/nasabah elektronik dengan
minimum total pembiayaan Rp. 750.000,- dan membuat analisa serta rekomendasi
terhadap calon konsumen/nasabah tersebut.

Agustus 1996_Kantor Unit Bogor - Kepala Surveyor Elektronik (Marketing Division)
Bertugas untuk menganalisa hasil obervasi, analisa dan rekomendasi surveyor
untuk membuat rekomendasi tahap-2 sebelum diteruskan kepada Head Marketing
dan Kepala Unit.

September 1998_Kantor Unit Bogor - Koordinator Wilayah/KoorWil (Collection Division)
Akibat krisis ekonomi yg melanda asia tenggara dain Indonesia khususnya, maka
kegiatan sales/marketing dihentikan dan dipindahkan ke divisi collection, yg
bertugas mengontrol setiap tagihan dan hasil tagihan dari collector dilapangan.

Maret 1999_Kantor Cabang Kelapa Gading, Jakarta - Surveyor Kendaraan Roda Empat dan Roda Dua (Marketing Division)
Bertugas sebagi observer terhadap calon konsumen/nasabah kendaraan roda 4
(niaga dan perorangan) dan roda 2 yg juga membuat laporan analisa serta
rekomendasi terhadap calon konsumen/nasabah tersebut.

Juli 1999_Kantor Cabang Kelapa Gading, Jakarta - Collector Front End (Collection Division)
Bertugas untuk menagih konsumen/nasabah baik yg sudah jatuh tempo ataupun
sudah delay sampai dengan 60 Hari Kerja.

September 2000_Kantor Cabang Kelapa Gading, Jakarta - Head Collection (Collection Division)
Bertugas mengontrol setiap tagihan dan hasil tagihan dari collector dilapangan,
dengan dibantu KoorWil Collection, membuat report progress per harian dan
membuat reporting dan analisa achievment dan defaultnya.

22 Desember 2000_Kantor Cabang Kelapa Gading, Jakarta - RESIGN

PENGALAMAN KERJA (WOM FINANCE)

PT. Wahana Ottomitra Multiartha Finance,Tbk
24 April 2001, Cabang Gunung Sahari-Jakarta - Surveyor (Marketing Division)
Bertugas sebagi observer terhadap calon konsumen/nasabah kendaraan roda 2
yg juga membuat laporan analisa serta rekomendasi terhadap calon
konsumen/nasabah tersebut kepada Assistand Head Marketing dan diteruskan kepada Head
Marketing dan diputuskan oleh Branch Manager.

04 September 2003, Cabang Rawamangun-Jakarta - Assistant Head Marketing (Marketing Division)
Bertugas untuk menganalisa hasil obervasi, analisa dan rekomendasi surveyor
untuk membuat rekomendasi tahap-2 sebelum diteruskan kepada Head Marketing
dan putuskan oleh Branch Manager.

08 Agustus 2004, Cabang Karawang-Jawa Barat - Head Marketing (Marketing Division)
Bertugas untuk menganalisa hasil obervasi, analisa dan rekomendasi surveyor
dan Credit analyst serta kemudian membuat rekomendasi tahap lanjutan sebelum
diteruskan dan diputuskan oleh Branch Manager.

September 2005, Kantor Bisnis Unit 4 Jawa Barat - Staff Regional Collection Manager BU-4 JAWA BARAT
(Collection Division)
Bertugas membantu Regional Collection Manager untuk membuat analisa default atau
penyebab kegagalan serta potensi fraud yg mungkin terjadi, adapun cabang-cabang di
Jawa Barat waktu itu, adalah :
1. Bandung –I
2. Bandung – II
3. Garut
4. Tasikmalaya
5. Sumedang
6. Karawang
7. Subang
8. Cirebon
9. Brebes
10. Tegal
11. Pemalang
Dan hasil temuan/report diberikan langsung kepada Regional Collection Manager 
untuk diteruskan dan di kaji bersama dengan Area Marketing Manager.
serta GM BU. 

Januari 2006 - SISWA Management Development Program Angkatan-IV (MDP-4)
Bertugas dan belajar tentang semua segi management financial institution, Operational-
Risk Management (Collection, Initiation, AMU) dan Marketing serta Appolo Project (cikal
bakal Bussiness Development)

Mei 2006, Kantor Unit Karawang - Head Account Officer/
Dealer Relation Officer
Bertugas dan membantu Manager Marketing/Ka.Kanit, membina
hubungan baik dan saling membutuhkan dengan partner kerja/mitra bisnis (dealer) , mulai
dari pooling order baik dari DRS maupun dari Sales Force dealer sendiri sampai dengan
memberikan informasi hasil keputusan (Approved atau Rejec atau Pending atau cancel) dari
komite kredit atau dari Team Initiation.
Mengumpulkan informasi tentang competitor dan Menganalisa pricing serta membuat laporan
market size dan market share.

Februari 2008, Kantor Bisnis Unit 2 - BOBEK
Head Dealer Relation Officer
Bertugas dan membantu Area Manager Marketing dan Regional
Marketing Manager, membuat dan memeriksa keabsahan/validitas berkas
dari MOU/PKS-Dealer, Mengumpulkan informasi tentang competitor dan Menganalisa pricing
serta membuat laporan market size dan market share dari cabang-cabang, antara lain :
1. Bekasi
2. Cikarang
3. Karawang
4. Cileungsi
5. Depok
6. Bogor + Kapos Leuwiliang
7. Cianjur
8. Sukabumi
Dimana hasil dari cabang tersebut diserahkan dan dikaji sebagai bahan informasi untuk
penerapan strategi marketing.

07 Juli 2008, Kantor Unit Karawang - Branch Initiation Coordinator
Bertugas dan bertanggungjawab atas seluruh team initiation dan kegiatan inisiasi yg sesuai
dengan SOP-SOD dan Product Program, SKB dan IM yg berlaku, dan membuat keputusan
atau rekomendasi (Jika terdapat penyimpangan yg melebihi kewenagan cabang) ke kantor
Bussiness Unit ataupun sampai dengan tingkatan Head Office tentang applicant.

15 Juni 2009, Kantor Cabang Sumedang - Branch Initiation Coordinator
Bertugas dan bertanggungjawab atas seluruh team initiation dan kegiatan inisiasi yg sesuai
dengan SOP-SOD dan Product Program, SKB dan IM yg berlaku, dan membuat keputusan
atau rekomendasi (Jika terdapat penyimpangan yg melebihi kewenagan cabang) ke kantor
Bussiness Unit ataupun sampai dengan tingkatan Head Office tentang applicant.

04 Februari 2010, Regional IX Bali Nusra - Area Credit Initiation Manager
Bertugas dan bertanggungjawab atas seluruh team initiation dan kegiatan inisiasi yg sesuai
dengan SOP-SOD dan Product Program, SKB dan IM yg berlaku di regional IX Bali Nusra, dan
mempersiapkan SDM Initiation, baik cabang/kanit/kapos/kasa yang sudah ada maupun yang akan
segera dibuka antara lain :
BALI AREA

1. Cabang Denpasar
2. Kanit Gianyar
3. Kanit Tabanan
4. Kanit Singaraja
5. Kanit Negara
6. Kasa Kuta
7. Kasa Bajera
8. Kasa Seririt

NUSA TENGGARA BARAT AREA


1. Cabang Mataram
2. Kapos Selong
3. Kasa Tanjung
4. Kanit Bima
5. Kanit Sumbawa - Hold

16 Desember 2010, - RESIGN, effective sejak 31 Desember 2010

Warm Regards
ELJUNI EDIN GIRSANG



3 komentar:

Kami menjual suku cadang alat-alat berat untuk pertambangan dan perindustrian

Bravo n salut atas semua yang sudah dijalani dan dilakukan Pak Jun di WOM finance selama ini. Meskipun baru sebentar saya mengenal Bapak, tapi jasa jasa Pak Jun tidak pernah say lupakan sampai detik ini. Saya saat ini masih di bidang leasing juga, leasing mobil Pak. Tapi semua ajaran dan ilmu yang Bapak ajarkan masih saya terapkan hingga saat ini. Terima kasih Pak Jun dan selalu suses ya. Salam hormat saya Andiko Rievellino Purwandono (DRS Karawang yang bandel dan tidak bisa diatur, n temen main billyard di karawang Pak) itupun kalau bapak masih ingat saya, hehehe

sukses ya, bgmn kalau masyarakat punya masalah dengan kredit macet dan barangnya ditarik oleh leasing...... musti mengadu kesiapa ?????? masyarakat perlu perlindungan ttg hal ini. bisa bantu ??????

Posting Komentar

Teamwork Quotes

SHARING DOCUMENT

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More