- TIADA KEBAHAGIAN YANG PALING INDAH, SELAIN KEINDAHAN BERBAGI DAN BERMANFAAT BAGI SESAMA - THE MOST BEAUTIFUL THINGS OF HAPPINESS, EXCEPT BEAUTY OF SHARE AND USEFUL FOR OTHERS, WARM REGARDS : ELJUNI EDIN GIRSANG, FACEBOOK : http://www.facebook.com/eljuni.girsang, MYSPACE : http://www.myspace.com/eljuni.girsang, TWITTER : http://www.twitter.com/ELJUNI_EG, YOUTUBE CANAL : http://www.youtube.com/TheEljuni -

Kamis, 22 Desember 2011

BI Dan BAPEPAM-LK Harus Atur Aliran Dana ke Sektor Pembiayaan (CONSUMER FINANCING)

[Lzoonie] :Besarnya pertumbuhan kredit di sektor automotif khususnya di sektor microfinance dikhawatirkan akan menyebabkan bubble (pengelembungan) jika nasabah gagal bayar.

Karenanya, Bank Indonesia dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) diharapkan melakukan pengaturan terkait aliran dana ke multifinance (pembiayaan) ini.

"Masalahnya di sektor mikroprudensial tetapi berdampak sistemik, bagaimana kalau masyarakat dengan pendapatan pas-pasan dan mengambil kredit motor misalnya di microfinance mengalami gagal bayar.Microfinance kolaps dan merembet ke lainnya juga seperti perbankan," ungkap pengamat perbankan Yanuar Rizki, Kamis (22/12/2011).

Menurut Yanuar, 90 persen dana di perekonomian masih dipegang di sektor perbankan. Perbankan inilah yang memberi modal ke microfinance. Maka, jika masyarakat mengalami gagal bayar, maka dampaknya dikhawatirkan akan merembes ke yang lain.


"Pengaturan sumber dananya dulu yang perlu diatur dari mana karena saya melihat adanya pembalikan arah yang kuat di sektor keuangan tahun depan, setelah itu LTV (loan to value)," lanjutnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Darmin Nasution mengaku akan bekerja sama dengan Bapepam-LK untuk mulai mengadakan aturan terkait rendahnya LTV di sejumlah multifinance yang rendah dari perbankan meski pihaknya optimistis tidak akan terjadi bubble di kredit automotif tahun depan. Ini dikarenakan perbankan telah selektif dalam penyaluran kreditnya. [LZ]



0 komentar:

Posting Komentar

Teamwork Quotes

SHARING DOCUMENT

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More