- TIADA KEBAHAGIAN YANG PALING INDAH, SELAIN KEINDAHAN BERBAGI DAN BERMANFAAT BAGI SESAMA - THE MOST BEAUTIFUL THINGS OF HAPPINESS, EXCEPT BEAUTY OF SHARE AND USEFUL FOR OTHERS, WARM REGARDS : ELJUNI EDIN GIRSANG, FACEBOOK : http://www.facebook.com/eljuni.girsang, MYSPACE : http://www.myspace.com/eljuni.girsang, TWITTER : http://www.twitter.com/ELJUNI_EG, YOUTUBE CANAL : http://www.youtube.com/TheEljuni -

Rabu, 26 Januari 2011

Seperti Apa Sih Perusahaan Tempat kita bekerja (Employer Branding)

JIKA Anda seorang yang sedang bekerja di suatu perusahaan, kira-kira apa yang anda impikan tentang perusahaan tempat anda bekerja itu?

Salah satu kriteria impian perusahaan adalah perusahaan yang mampu memberikan gaji dan tunjangan menarik, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

Selain mengenai gaji atau tunjangan yang bagus, ternyata perusahaan yang banyak dicari pelamar kerja adalah yang bisa mendukung perkembangan kemampuan diri,ataupun yang mampu menjadi suatu tempat menyenangkan sekaligus "menjanjikan", baik dalam mengekspresikan jati diri yang lebih positif maupun tersedianya pelatihan-pelatihan peningkatan kualitas individu secara lebih menyeluruh.
Bagi perusahaan,memiliki karyawan yang berkualitas, berkomitmen, berdedikasi, produktif, dan loyalitas tinggi tentu merupakan salah satu “aset” yang penting bagi perkembangan perusahaan di masa datang. Salah satu yang bisa dilakukan suatu perusahaan yaitu dengan employer branding.

Brett Minchinton, mendefinisikan employer branding sebagai, "The image of your organization as a 'great place to work' in the mind of current employees and key stakeholders in the external market". Dan untuk menciptakan suatu perusahaan yang benar-benar memiliki suatu citra dan realitas yang positif, baik dari sudut pandang karyawan ataupun dari pihak luar (termasuk konsumen, calon konsumen), memang tidaklah mudah.
Diperlukan suatu upaya yang terus menerus serta terobosan yang dahsyat. Diperlukan corporate culture yang di antaranya mampu mendukung terciptanya suasana dan sistem kerja yang lebih efektif, menyenangkan, dan lebih produktif. Beberapa komponen penting tentang employer brand di antaranya: Optimalisasi komunikasi internal, Sistem pengukuran yang lebih akurat, Penghargaan dan sanksi, Manajemen tim, Budaya kepemimpinan, Lingkungan kerja, PA (performance appraisal) Mungkin Anda pernah menemukan beberapa orang yang dengan senang hati bercerita bahwa mereka merasa bangga, bahkan sangat bangga bisa menjadi bagian dari suatu perusahaan tempat mereka bekerja.

Atau meski mereka sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, sudah pindah kerja atau pensiun, tetap saja mereka bangga dan mempunyai kesan dan kenangan tersendiri. Salah satu sebabnya karena mereka merasakan ada sesuatu yang dahsyat di perusahaan tersebut yang terus mereka ingat, mereka merasa menemukan 'great place to work'. Bukan hanya gajinya yang bagus, namun juga jaminan kesejahteraan karyawan, sistem komunikasi yang mendukung baik antar karyawan, antar tim, ataupun karyawan dengan pimpinan dan seterusnya. Ditambah lagi dengan berbagai fasilitas perusahaan yang mampu mendukung pengembangan SDM dan potensi diri menjadi lebih baik lagi.

(Seperti yang saya alami, Perusahaan kedua tempat saya bekerja adalah PT. PrimaSwadana Perkasa Finance, salah satu Group perusahaan besar di era 1990-an, sampai dengan saat ini perusahaan ini memberi banyak pengetahuan tentang interaksi terhadap perusahaan, atasan,rekan sejawat, dan pihak luar (rekanan kerja), Saya bekerja di perusahaan ini sejak 05 september 1995 sampai dengan 22 Desember 2000, adapun akhir masa kerja saya di PSP Group ini adalah karena gelombang krisis ekonomi yang berkepanjangan di republik tercinta ini, dan saya masih ingat saat-saat saya harus meninggalkan perusahaan ini adalah Bapak Sumandi Sjamsoeri (waktu itu direktur marketing PT. PrimaSwadana Perkasa Finance, saat ini beliau menjabat sebagai direktur marketing di PT. BIMA MULTIFINANCE), memanggil kami ke kantor pusat di GEDUNG SENTRA BUANA di Jl. KH Samanhudi, Pasar Baru (sekarang HOTEL SENTRA BUANA) memberikan suatu gambaran kepada saya dan 2 rekan kerja saya lainnya (RUSLANI, PT. PARA MULTIFINANCE, dan ONO TARYONO, PT. ARTHA PRIMA FINANCE), kata beliau kepada kami " perusahaan ini sedang berusaha untuk bertahan dari krisis ekonomi ini, dan saat ini perusahaan hendak mengefisienkan pengeluaran-pengeluarannya dan merampingkan
struktur organisasi perusahaan, dan dampak dari perampingan itu kalian bertiga sebagai supervisor di divisi collection harus dirampingkan, bagaimana menurut kalian, bisa tidak ? Serempak kami bertiga menjawab BISA !!! asalkan perusahaan ini bisa survive, kami bersedia Pa...., ucapan kami yang spontan, tidak lebih dari rasa cinta kami pada perusahaan ini. Mengapa kami bisa begitu legowo dan mengapa kami begitu mencintai perusahaan ini ? tidak lebih dari HUMBLEnya management perusahaan ini, pengetahuan, promosi, hubungan horisontal dan vertikal begitu terbuka, tidak jarang kami di cabang-cabang di inspeksi mendadak oleh TOP MANAGERIAL dan BOD, bahkan pengalaman saya yang paling berkesan sewaktu Bapak Triyono Gondokusumo (KOMISARIS) mendatangi kami di cabang kelapa gading, jakarta utara, beliau tidak langsung menemui kepala cabang, tapi beliau menghampiri kami sambil memesan segelas kopi (kopi yang sama yang kami minum) dan nongkrong ngobrol bersama-sama kami SURVEYOR -KOLEKTOR-OFFICE BOY dan SEORANG KOMISARIS nongkrong bareng, wow... dan akhir pesannya kepada kami sebelum menemui kepala cabang (15 Menitan) beliau berkata " sabar yah, perusahaan sedang bertahan , jangan pernah kendor semangat dan tetap fight..." sambil tersenyum beliau berlalu..... Banyak orang bilang PSP GROUP bangkrut karena tidak hati-hati dalam memberikan kredit kepada krediturnya, maka jawab kami ORANG-ORANG PSP (bukan Eks, masih sampai dengan saat ini, karena kami tidak pernah merasa "bekas karyawan PSP GROUP") KALIAN SALAH !!!!!, kesuksusan PSP GROUP saat itu karena provit yang diberikan oleh anak-anak perusahaan pembiayaannya " PT. PrimaSwadana Perkasa Finance, PT Putra Surya Multidana dan BPR" membuat PSP Group berkembang pesat, memang saat itu perkembangan yang sangat pesat tersebut di saat yang tidak tepat, PT. BANK PSP, PSP Mastercard, Property Menara 7 Gading yang ketiganya baru saja berdiri belum bisa memberikan kontribusi pendapatan pada GROUP USAHA, ditambah dengan krisis ekonomi global di indonesia dan asia yang menyebabkan pembayaran hutang perusahaan swasta menjadi hampir 4 kali lipat, hal itulah yang menyebabkan akhirnya kami-kami harus bercerai tapi tidak terberai. Selama hampir 5 Tahun saya bekerja di perusahaan ini, boleh saya katakan tidak ada penyesalan yang teringat, hanya moment-moment kami saat masih satu atap yang terus membekas, semua personil yang ada didalamnya selalu mengoptimalisasikan KELEMAHAN dan mengaplikasikan KELEBIHAN anggota teamnya, dalam team tidak ada yang paling benar dan tidak ada yang harus disalahkan " TEAM FOR ALL, dan ALL FOR TEAM " amazing.. doesn't it ? I STILL LOVE PSP GROUP.....
)


Hal itu pula yang saya lakukan di perusahaan tempat saya berikutnya, HUMBLE AND TRUST EACH OTHER. Saya juga semakin semangat jika tim saya juga merasa senang dan senantiasa termotivasi (dari dalam dirinya sendiri) ketika melakukan aktivitasnya di kantor, hingga akhirnya mereka pun semakin kreatif dan produktif. Karena dengan hal tersebut akan membantu dalam memperkuat citra perusahaan baik secara internal ataupun eksternal. Untuk meningkatkan pemasaran atau peningkatan kemajuan perusahaan secara keseluruhan, yang diperlukan tentu bukan hanya aspek kepuasan pemilik perusahaan, para komisaris saja.

Bukan pula hanya dengan adanya kepuasan pelanggan akan produk atau jasa yang ditawarkan, namun juga dengan adanya kepuasan dari para karyawannya. Karyawan bukan hanya merasa bangga bisa bekerja di perusahaan, namun mereka juga merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan dari perusahaan. Dengan demikian , hal tersebut akan membantu pula dalam meningkatkan kepercayaan diri karyawan/tim kita untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Karyawan juga bisa menjadi lebih berkembang dan lebih puas, begitu pula dengan perusahaan serta para konsumen atau klien ataupun calon konsumen.

Untuk menciptakan suatu employer branding yang dahsyat, memang harus dirancang dengan matang, baik dari sisi leadership, arah perusahaan yang jelas–baik mengenai visi ataupun misinya, sinergi teamwork, dan sebagainya. Karena tim yang dahsyat serta memiliki fundamental yang lebih solid akan tercipta suatu sinergi yang lebih dahsyat, baik dari sisi internal maupun eksternal. Beberapa perusahaan besar di Indonesia ataupun di luar negeri telah mampu bertahan lama dan terus meningkat produktivitasnya serta real profit-nya, antara lain didukung oleh employer branding yang baik pula.

Kita pun bisa memperkuat employer branding di perusahaan kita masing-masing, dimulai dari berbagai hal yang terlihat sederhana namun membawa perubahan yang dahsyat. Salah satunya dengan memberikan reward and positive punishment yang lebih jelas, dan tentu juga diimbangi peningkatan kualitas karyawan.Antara lain dengan pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan terukur, serta melibatkan karyawan untuk menjadi bagian penting dalam pencapaian target perusahaan.

Salah satu tugas penting perusahaan lainnya,setelah berupaya memperkuat employer branding, juga melakukan berbagai terobosan agar para karyawan yang sudah menemukan "great place to work" mampu lebih berkomitmen, memiliki dedikasi, loyalitas yang lebih baik, dan tentu saja senantiasa semakin produktif.

Dengan demikian akan tercipta suasana saling menguntungkan antara karyawan dengan perusahaan, dan karyawan juga bisa menjadi tim dan partner dalam kemajuan perusahaan. Mampu pula menguntungkan berbagai pihak yang terkait, baik secara langsung atau tidak dengan perusahaan kita, juga kepada para klien ataupun konsumen kita. Dalam perkembangan selanjutnya, perusahaan kita kelak menjadi perusahaan yang banyak dicari para calon karyawan yang berkualitas, sekaligus bisa menjadi perusahaan yang lebih banyak dicari oleh para konsumen, klien, dan calon konsumen karena produk dan jasa yang ditawarkan juga semakin dahsyat adanya..

Mampukan perusahaan tempat kita bekerja mengaplikasikan Employer Branding ?



0 komentar:

Posting Komentar

Teamwork Quotes

SHARING DOCUMENT

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More