- TIADA KEBAHAGIAN YANG PALING INDAH, SELAIN KEINDAHAN BERBAGI DAN BERMANFAAT BAGI SESAMA - THE MOST BEAUTIFUL THINGS OF HAPPINESS, EXCEPT BEAUTY OF SHARE AND USEFUL FOR OTHERS, WARM REGARDS : ELJUNI EDIN GIRSANG, FACEBOOK : http://www.facebook.com/eljuni.girsang, MYSPACE : http://www.myspace.com/eljuni.girsang, TWITTER : http://www.twitter.com/ELJUNI_EG, YOUTUBE CANAL : http://www.youtube.com/TheEljuni -

Kamis, 11 Agustus 2011

LAJU KREDIT NAIK, ANIMO BER-ASURANSI MASIH RENDAH

[Lzoonie] :Kesadaran masyarakat menggunakan asuransi dalam produk otomotif terbilang rendah, terutama dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Namun untuk pembelian baru yang mayoritas kredit, kesadaran untuk mengasuransikan kendaraan relatif tinggi.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Wiewie Kurnia mengatakan, pembelian kendaraan, baik roda empat maupun dua saat ini, sekitar 80 persennya menggunakan jasa kredit. ”Hampir semuanya memilih opsi asuransi,” ungkapnya, kemarin.

Dalam kredit konsumsi, kata Wiwie, menggunakan jasa asuransi memang masih sebatas opsi. ¨Belum ada perintah dari pemerintah. Tetapi yang beli secara kredit sudah tinggi karena memang ada kewajiban dari perusahaan,¨ ucapnya.

Bila melihat kontribusi asuransi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto), kesadaran masyarakat memang masih rendah. Melesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester I 2011 belum bisa mendongkrak penetrasi asuransi komersial.

Penetrasi asuransi terhadap PDB pada kuartal I 2011 hanya naik menjadi 1,78 persen dibandingkan periode akhir tahun lalu sebesar 1,65 persen. Berbeda dengan Singapura dan Malaysia, dimana tingkat pengguna asuransi di kedua negara sudah lebih dari sepuluh persen terhadap PDB.

Risk Division Head Astra Credit Company (ACC), Handoko Liem mengatakan, penggunaan asuransi dalam pembelian kendaraan baru maupun bekas sudah diwajibkan di perusahaannya. ¨Kebijakan perusahaan sudah seperti itu,¨ ungkapnya saat berbuka puasa bersama PT Astra International.

Handoko mengatakan, pihaknya berupaya agar kedua belah pihak sama-sama menyadari penggunaan asuransi untuk melindungi pihak pembeli dan penjual. ¨Sebagai contoh, jika suatu saat mobil yang diambil itu mengalami tabrakan lalu mobilnya dibalikin ke kita, kan tidak mau. Wajib diasuransikan supaya mobilnya dibetulkan dulu,¨ paparnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Teamwork Quotes

SHARING DOCUMENT

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More